Gerak Satu Dimensi (Artikel Lengkap)

Gerak 1 dimensi adalah gerak suatu objek yang terjadi disepanjang garis lurus. Pemahaman akan kinematika gerak dapat membantu memahami gerak satu dimensi. Gerak satu dimensi terdiri dari dua titik yaitu titik awal dan titik akhir. Terdapat jarak diantara titik awal dan titik akhir serta waktu tempuh dari titik awal ke titik akhir. Selain gerak satu dimensi, terdapat pula gerak 2 dimensi (gerak melingkar dan gerak parabola), dan gerak 3 dimensi (gerak di dalam ruang). Objek yang bergerak disebut partikel walaupun objek tersebut adalah Bumi.

 dimensi adalah gerak suatu objek yang terjadi disepanjang garis lurus Gerak Satu Dimensi (Artikel Lengkap)Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) (Artikel Lengkap)

Suatu gerak satu dimensi juga dapat mengalami percepatan konstan. Misalnya saat benda dijatuhkan dari ketinggian tertentu (dengan asumsi tidak ada gaya gesek dengan udara atau di ruang hampa). Misalnya saat benda dijatuhkan di bumi, maka pergerakannya akan mengalami percepatan konstan yaitu setara percepatan gravitasi bumi (9,81 m/s2).

Berikut adalah rumus untuk mencari kecepatan benda dalam waktu tertentu:

 dimensi adalah gerak suatu objek yang terjadi disepanjang garis lurus Gerak Satu Dimensi (Artikel Lengkap) 2) { insertAfter(ad1,tg1[bl1-1]); insertAfter(ad2,tg1[bl2-1]); } else if (br2 > 1) { insertAfter(ad1,tg2[bk1-1]); insertAfter(ad2,tg2[bk2-1]); } else {}

LihatTutupKomentar