Metode Penelitian dalam Sosiologi

Metode merupakan cara kerja yang digunakan untuk memudahkan kita dalam melaksanakan suatu  Metode Penelitian dalam Sosiologisosiologi sebagai ilmu pengetahuan. Pada saat ini telah berkembang menjadi sebuah metodologi penelitian untuk memperdalam dan menganalisis perubahan sosial budaya dalam masyarakat. Beberapa metode yang digunakan dalam sosiologi adalah sebagai berikut:

1. Studi cross-sectional dan longitudinal

Studi cross-sectional adalah studi yang meliputi suatu daerah pengamatan yang luas dalam suatu jangka waktu tertentu. Misalnya, penelitian tentang pengukuran kepuasan dan ketidakpuasan terhadap siaran salah satu stasiun televisi swasta selama satu tahun dengan penyebaran lokasi di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Studi longitudinal adalah studi yang berlangsung sepanjang waktu yang menggambarkan suatu kecenderungan atau serangkaian observasi sebelum dan sesudah. Misalnya, melihat tingkat kemiskinan suatu daerah sebelum dan setelah mendapatkan bantuan dengan daftar pertanyaan yang sama.

Secara sederhana, pengumpulan pendapat umum dalam skala nasional disebut studi cross-sectional, sedangkan penggunaan daftar pertanyaan yang sama diulang dalam selang waktu akan diperoleh suatu perbandingan atau yang disebut pula secagai studi longitudinal.

2. Eksperimen laboratorium dan eksperimen lapangan

Metode merupakan cara kerja yang digunakan untuk memudahkan kita dalam melaksanakan suatu  Metode Penelitian dalam SosiologiTetap Semangat! | Materi Pelajaran

LihatTutupKomentar