Setelah kamu selesai mempelajari materi tentang Keanekaragaman Hayati, ada baiknya kamu mengingat kembali materi dengan melakukan latihan soal. Artikel berikut akan berisi 10 soal pilihan ganda dan 5 soal esay. Setiap soal akan dibahas cara menjawabnya beserta kunci jawaban di bawah soal. Langsung saja kita simak yang pertama:
Tips mengerjakan: Tetap buka laman ini. Tulis jawabannya di buku tulis. Kemudian simak kunci jawaban dan pembahasan soal keanekaragaman hayati biologi SMA X.
Bagian dari: Keanekaragaman Hayati (Materi Lengkap)
A. Pilihan Ganda
1. Keanekaragaman hayati tingkat gen dapat ditunjukkan pada variasi-variasi tumbuhan berikut …..
| A. | Mawar merah – mawar putih |
| B. | Mawar berbatang tinggi – melati berbatang tinggi |
| C. | Pohon kelapa hijau – pohon aren |
| D. | Tanaman sirik – nenas |
| E. | Buah mangga – buah belimbing |
2. Adanya jerapah yang berleher panjang dan berleher pendek sebagai bukti nyata adanya keanekaragaman pada sejenis makhluk hidup. Hal ini terjadi akibat adanya faktor …..
| A. | Interaksi |
| B. | Genetika |
| C. | Hayati |
| D. | Nonhayati |
| E. | Jenis |
3. Manakah dari pernyataan di bawah ini yang menunjukkan faktor lingkungan mempengaruhi keanekaragaman makhluk hidup?
| A. | Adanya perbedaan warna bunga pada rumpun tanaman asoka |
| B. | Adanya perbedaan berat badan antara ayam ternak dengan ayam liar |
| C. | Adanya persamaan warna kulit biji kacang dalam satu keturunan |
| D. | Adanya perbedaan bentuk dan ukuran daun dalam satu pohon |
| E. | Adanya persamaan bentuk dan ukuran daun dalam satu pohon |
4. Berikut ini yang termasuk fauna tipe peralihan adalah …..
| A. | Anoa |
| B. | Kangguru |
| C. | Kasuari |
| D. | Burung merak |
| E. | Burung kakatua |
5. Salah satu kawasan konservasi untuk Pongo pygmaeus abelii, salah satu hewan langka di Indonesia, yaitu …..
| A. | T.N. Ujung Kulon |
| B. | T.N. Lore Lindu |
| C. | T.N. Bukit Barisan |
| D. | T.N. Baluran |
| E. | T.N. Tanjung Puting |
6. Di dalam klasifikasi jeruk bali (Citrus maxima), jeruk nipis (Citrus aurantiforia), dan jeruk keprok (Citrus nobilis) termasuk satu kelompok, yaitu pada tingkat …..
| A. | Spesies |
| B. | Genus |
| C. | Famili |
| D. | Ordo |
| E. | Kelas |
7. Berikut ini adalah kegiatan yang menyebabkan hilangnya habitat, kecuali …..
| A. | Pembuatan bendungan |
| B. | Pembangunan di pinggir pantai |
| C. | Ekstensifikasi pertanian |
| D. | Penebangan pohon secara liar |
| E. | Program pemuliaan tanaman |
8. Untuk meningkatkan produksi sandang dan pangan, kesuburan tanah perlu diperhatikan. Dari pernyataan berikut yang bukan bertujuan untuk menjaga kesuburan tanah adalah …..
| A. | Menanami tanah secara bergiliran dengan tanaman yang berbeda |
| B. | Memupuk tanah secara berkala |
| C. | Menanami tanah secara terus menerus |
| D. | Menggemburkan tanah secara intensif |
| E. | Membuat pengairan atau irigasi secara efektif |
9. Perhatikan cara penulisan nama ilmiah beberapa makhluk hidup yang terdapat di bawah.
- Curcuma Domestika
- Musa textilis
- Felix domestika
- Musa paradisiaca
- Solanum lycopersicum
Tata cara penulisan nama makhluk hidup dengan sistem binomial nomenclatur yang benar adalah …..
| A. | 1, 2, dan 3 |
| B. | 1, 3, dan 4 |
| C. | 2, 3, dan 5 |
| D. | 2, 4, dan 5 |
| E. | 3, 4, dan 5 |
10. Buah mengkudu memiliki nilai manfaat keanekaragaman hayati berupa sumber …..
| A. | Sandang |
| B. | Papan |
| C. | Obat |
| D. | Budaya |
| E. | Kosmetik |
B. Essay
- Sebutkan 3 tingkat keanekaragaman hayati beserta contohnya!
- Apakah yang dimaksud dengan hewan endemik?
- Sebutkan contoh pelestarian insitu!
- Apakah yang disebut biogeografi?
- Apakah yang dimaksud dengan hutan konservasi?
Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke atau langsung saja lewat kolom komentar :)