Seni Rupa Nusantara (Artikel Lengkap)

Seni rupa Nusantara adalah seni rupa yang tumbuh dan berkembang di Indonesia. Ini bukan berarti seni rupa tersebut hanya ada satu jenis di Indonesia, seni tersebut sangat beragam di setiap daerah yang ada di wilayah Indonesia. Hal tersebut terjadi karena Indonesia memiliki keragaman budaya yang sangat kaya. Keragaman yang ada dapat berupa keragaman teknik, gagasan, corak, maupun keahlian masyarakat di daerah tersebut. Karya seni rupa Nusantara merupakan perwujudan dari pola hidup, kepercayaan, dan nilai-nilai yang ada di masing-masing daerah.

Bagian dari: Seni Rupa (Artikel Lengkap)
Seni rupa Nusantara adalah seni rupa yang tumbuh dan berkembang di Indonesia Seni Rupa Nusantara (Artikel Lengkap)seni rupa terapan. Contoh: peralatan makan, meja, kursi, tempat tidur, pakaian, dan sarana persembahyangan.
  • Fungsi estetis (keindahan), adalah fungsi yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan akan benda hias atau yang biasa disebut seni rupa murni. Contoh: patung, arca, lukisan, dan ukiran.
  • 3. Contoh Seni Rupa Nusantara

    Selengkapnya: 10 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

    Berikut adalah beberapa contoh seni rupa Nusantara:

    1. Rumah adat adalah bangunan tradisional yang berfungsi sebagai tempat tinggal. Setiap daerah di Indonesia memiliki corak rumah adatnya masing-masing.
    2. Patung adalah seni pahat dan ukiran berbentuk tiga dimensi yang biasanya menggunakan media batu atau kayu. Patung kebanyakan mendapat pengaruh dari kebudayaan Hindu.
    3. Anyaman adalah kerajinan yang dibuat dengan cara susup menyusup atau silang menyilan antara pakan dan lungsi. Anyaman dapat dijadikan keranjang atau mebel.
    4. Lukisan adalah seni yang berupa dua dimensi yang mengandung ungkapan batin penciptanya. Lukisan di Indonesia kebanyakan bertemakan perjuangan dan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

    4. Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Nusantara

    Karya seni rupa Nusantara dibuat dengan berbagai ragam teknik sesuai dengan keterampilan masyarakat di masing-masing daerah. Berikut adalah beberapa tekniknya:

    1. Teknik menggambar yang meliputi linier, blok, dusel, pointilis, aquarel, dan plakat.
    2. Teknik membuat patung yang meliputi membutsir, cetak, cor, pahat, dan konstruksi.
    3. Teknik membatik
    4. Teknik grafis yakni dengan mencetak.

    5. Makna dalam Karya Seni Rupa Nusantara

    Karya-karya seni rupa Nusantara sarat akan makna. Makna tersebut dapat dilihat dari bentuk, ukuran, motif, pemilihan warna, simbol, dan corak. Setiap daerah memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengekspresikan makna ke dalam karya seni rupa.


    Referensi:

    1. Pengertian Dan Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara ( /search?q=seni-artikel-lengkap)
    2. 10 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara ( /search?q=seni-artikel-lengkap)
    3. KERAJINAN ANYAMAN ( /search?q=seni-artikel-lengkap)
    4. pengertian lukisan ( /search?q=seni-artikel-lengkap)
    5. Seni Rupa Indonesia (https://id.wikipedia.org/wiki/Seni_Rupa_Indonesia)


    Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke atau langsung saja lewat kolom komentar :)

    LihatTutupKomentar